Home / Ekonomi / Struktur Pasar

Struktur Pasar

  • 6 min read
Loading...

Penulis : Yulia Dwi Rakhmawati Mahasiswa UNAS

Kali ini, kita akan belajar mengenai struktur pasar secara umum, ada beberapa bentuk pasar dalam perekonomian, nah disini kita akan mempelajari apa saja bentuk pasar dalam perekenomian. Sebelum kita belajar mengenai bentuk-bentuk pasar, sekarang kita pelajari dulu mengenai pasar secara umum.

Pasar adalah suatu tempat bertemunya penjual dan pembeli melakukan transaki baik langsung maupun tidak langsung. Pasar memiliki fungsi untuk seluruh pelaku ekonomi baik produsen, konsumen, dan juga pemerintah. Pasar juga sebagai tempat dimana produsen saling merebut konsumen dengan strategi masing-masing untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Nah, karena ada beberapa bentuk atau struktur pasar, setiap bentuk pasar memiliki hukumnya masing-masing yang dapat mempengaruhi penentuan harga pada pasar. Pasar juga menjadi tempat untuk meningkatkan kepuasan konsumen, tempat untuk mendistribusikan barang atau saja dari produsen ke konsumen, serta pasar merupakan sumber informasi untuk produsen dan konsumen.

Beberapa hal yang membentuk Struktur pasar dalam perekonomian

  1. Karakteristik atau keanekaragaman
    Loading...
    produk yang dijual, baik barang ataupun jasa. Setiap produk pasti memiliki karakteristik, fungsi, atau manfaat yang berbeda-beda.
  2. Banyaknya produsen dalam perekonomian. Suatu barang sejenis diproduksi oleh banyak produsen akan berbeda pengaruhnya jika hanya diproduksi oleh satu atau beberapa produsen saja.
  3. Mudah atau tidaknya sebuah perusahaan baru menjalankan kegiatan produksi, serta bagaimana halangan perusahaan baru masuk atau keluar pasar. Dalam menjalankan kegiatan produksi, tentu akan banyak faktor-faktor yang harus dipertimbangkn seperti kesedian modal, teknologi, kemampuaan bersaing di pasar, serta bagaimana kebijakan yang ditetapkan pemerintah.
  4. Jenis persaingan dalam pasar serta kedudukan sebuah perusahaan dalam pasar. Dalam pasar tentu ada persaingan antar produsen, baik persaingan harga maupun persaingan selain harga seperti kualitas, promosi, dsb.

Ruang lingkup struktur pasar terdiri dari :

Pasar persaingan sempurna

Pasar persaingan sempurna adalah pasar yang memiliki banyak penjual serta pembeli di dalamnya. Karena banyaknya pelaku dalam pasar, maka akan sulit bagi perusahaan untuk menentukan harga sendiri. Harga produk pada pasar persaingan sempurna akan terbentuk oleh pasar. Jika salah satu perusahaan menaikan harga produk, maka dia akan kehilangan baanyak konsumen karena perusahaan lain tidak menaikkan harga produk, serta konsumen memiliki banyak pilihan.

Karakteristik pasar persaingan sempurna

Pasar persaingan sempurna memiliki ciri-ciri atau karakteristik sebagai berikut :

  1. Jumlah penjual dan pembeli sangat banyak, Jumlah penjual dan pembeli pada pasar persaingan sempurna sangat banyak sehingga keduanya tidak bisa saling mempengaruhi.
  2. Barang atau jasa yang dijual bersifat homogen, Barang atau jasa yang dijual pada pasar persaingan sempurna bersifat homogen atau sejenis. Sangat sulit untuk membedakan satu produk dengan yang lainnya.
  3. Perusahaan adalah price taker, Maksud dari perusahaan sebagai price taker adalah produsen sebagai penjual tidak bisa menentukan harga atau merubah harga dipasar, tetapi hanya bisa mengambil harga karena harga ditentukan oleh pasar.
  4. Produsen mudah keluar masuk pasar, Pada pasar persaingan sempurna, produsen dapat dengan mudah memasuki pasar. Begitu juga jika produsen mengalami kerugian, produsenpun dengan mudah untuk keluar pasar.
  5. Konsumen memiliki pengetahuan mengenai pasar, Konsumen memiliki pengetahuan yang bagus pada pasar persaingan sempurna termasuk pengetahuan mengenai harga.

Pasar Monopoli

Pasar monopoli adalah pasar dimana hanya ada satu penjual atau produsen didalam pasar sehingga tidak ada persaingan dalam pasar. Karena perusahaan menguasai pasar, maka untuk mendapatkan profit maksimum, perusahaan dapat menurunkan suplai sehingga harga barang dapat meningkat.

Kenapa pada pasar monopoli hanya ada satu penjual? Tentu karena barang yang dijual sangat unik dan sangat sulit untuk mendapatkan barang pengganti yang sangat dekat.

Karakteristik pasar monopoli

  1. Pasar monopoli hanya ada satu penjual. Sehingga barang atau jasanya tidak bisa didapatkan ditempat lain.
  2. Tidak ada barang pengganti (substitution goods).
  3. Sangat sulit bagi perusahaan baru yang ingin memasuki pasar, karena pada pasar monopoli terdapat banyak batasan seperti adanya undang-undang yang mengatur, teknologi yang digunakan, dan modal yang dibutuhkan sangat besar.
  4. Perusahaan dapat menentukan harga (price maker).
  5. Perusahaan tidak begitu membutuhkan iklan.

Pasar Monopolistik

Pasar monopolistik adalah pasar dimana terdapat banyak penjual, namun barang atau jasa yang dijual tidak seragam. Disebut pasar persaingan monopolistik karena karakteristiknya berada diantara pasar persaingan sempurna dan pasar monopoli. Produk pada pasar monopolistik terdiferensiasi baik motif, kualitas, maupun betuk.

Karakteristik pasar monopolistik

  1. Terdapat banyak penjual di pasar monopolistik. Tetapi produsen tidak sebanyak pada pasar persaingan sempurna, dan kedudukan produsen sama.
  2. Setiap produsen dapt mempengaruhi harga. Produsen pada pasar monopolistik memiliki kebebasan dalam menentukan harga meskipun tidak mutlak.
  3. Barang atau jasa yang dijual terdeferensiasi. Barang atau jasa pada pasar monopolistik mudah dibedakan baik melalui merek, kualitaas, corak, atau bentuknya.
  4. Produsen mudah masuk ataupun keluar pasar. Tidak banyak hambatan pada pasar persaingan monopolistik jika perusahaan baru ingin memasuki pasar.
  5. Promosi pada pasar monopolistik sangat diperlukan, karena harga bukanlah satu-satunya faktor yang digunakan untuk mendapatkan banyak pelanggan.

Pasar Oligopoli

Pasar oligopoli adalah pasar yang hanya terdapat beberapa produsen, namun memiliki konsumen yang sangat banyak. Produk yang dijual di pasar oligopoli merupakan barang homogen namun terdiferensiasi. Contoh pasar oligopoli adalah perusahaan semen.

Karakteristik pasar oligopoli

  1. Hanya terdapat beberapa produsen namun konsumen sangat banyak.
  2. Produsen dapat saling bekerjasama untuk mengatur suplai.
  3. Kebijakan salah satu produsen kan berpengaruh pada prousen lain. Misalnya salah satu perusahaan memproduksi barang baru dengan harga yang relatif lebih murah, maka produsen lain kan merespon kebijakan bisa dengan ikut menurunkan harga, atau memproduksi barang lain.
  4. Promosi juga dipelukan pada pasar oligopoli. Karena pada pasar oligopoli juga tidak hanya harga yang berpengaruh untuk mendapatkan konsumen, tetapi juga faktor lain selain harga, sehingga sangat diperlkan promosi berupa iklan.

Untuk mengetahui bagaimana konsep pada masing-masing pasar, kalian bisa lihat pada materi khusus masing-masing pasar yaaa..

Contoh Soal Latihan

  1. Apa yang kamu ketahui mengenai pasar?

Jawab : Pasar adalah suatu tempat bertemunya penjual dan pembeli melakukan transaki baik langsung maupun tidak langsung.

2. Apa saja lingkup struktur pasar?

Jawab : Pasar persaingan sempurna (perfect competition market), Pasar monopoli (monopoly market), Pasar monopolistik (monopolistic market), Pasar Oligopoli (oligopily market).

3. Apa fungsi pasar bagi pelaku ekonomi?

Jawab : pasar merupakan tempat untuk meningkatkan kepuasan konsumen, tempat untuk mendistribusikan barang atau saja dari produsen ke konsumen, serta pasar merupakan sumber informasi untuk produsen dan konsumen.

Loading...

4. Apa yang kamu ketahui tentang pasar persaingan sempurna?

Jawab : pasar persaingan sempurna adalah pasar yang memiliki banyak penjual dan pembeli.

5. Apa yang kamu ketahui tentang pasar monopolistik?

Jawab : pasar monopolistik adalah pasar yang memiliki banyak penjual tetapi barang atau jasa yang dijual tidak seragam.

6. Mengapa muncul pasar monopolistik?

Jawab : munculnya pasar monopolistik karena adanya ketidakpuasan atas pasar persaingan sempurna dan pasar monopoli. Sehingga karakteristik pasar monopolistik terdapat diantara pasar persaingan sempurna dan pasar monopoli.

7. Sebutkan contoh pasar monopoli!

Jawab : contoh pasar monopoli adalah PLN

8. Sebutkan contoh pasar monopolistik!

Jawab : pasar air mineral

9. Apa yang kamu ketahui mengenai pasar oligopoli?

Jawab : pasar oligopoli adalah pasar dimana hanya terdapat beberapa penjual.

10. Bagaimana karakteristik pasar oligopoli?

Jawab : – Hanya terdapat beberapa produsen namun konsumen sangat banyak.

  • Produsen dapat saling bekerjasama untuk mengatur suplai.
  • Kebijakan salah satu produsen kan berpengaruh pada prousen lain.
  • Promosi juga dipelukan pada pasar oligopoli.

Daftar Pustaka

  • Ansar. 2017. Teori Ekonomi Mikro. Bogor : IPB Press
  • Varian, Hal L. 2010. Intermediete microeconomics. New York: W.W. Norton & Company

Baca juga