Home / B. Indonesia / teks laporan percobaan

Teks Laporan Percobaan

  • 7 min read
Loading...

Penulis : Binti Muroyyanatul `Amaiyah., S.Pd. Dia adalah alumnus Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang angkatan 2012.

Pengertian

Teks laporan percobaan adalah teks yang menjabarkan tentang percobaan yang sedang dilakukan oleh mereka peneliti.

Kita tahu, dalam pembelajaran bahasa Indonesia, digunakan kurikulum 2013 revisi yang berfokus pada pembelajaran berbasis teks. Masing-masing teks dalam bahasa Indonesia memiliki karakteristik, tujuan, dan fungsi tertentu.

Priyatni (2014: 40 – 41) menjelaskan aktivitas pembelajaran Bahasa Indonesia harus diarahkan untuk membantu meningkatkan kemampuan perserta didik dalam: (1) berkomunikasi secara efektif, (2) melakukan inkuiri, (3) berbagi informasi, (4) mengekspresikan ide, dan (5) memecahkan berbagai persoalan kehidupan secara lebih bermakna. Oleh karena itu, teks laporan percobaan juga dihadirkan di jenjang SMP untuk mencapai tujuan dan fungsi tersebut.

Bacalah contoh teks laporan percobaan dibawah ini:

Mengamati Pengaruh
Loading...
Sinar Matahari terhadap Tanaman Kacang Kedelai

Matahari memiliki banyak manfaat untuk kehidupan makhluk di bumi. Manusia, hewan, dan tumbuhan membutuhkan matahari untuk keberlangsungan hidupnya. Di antara manfaat cahaya matahari adalah sebagai sumber energi terbesar, mengeringkan pakaian dan tanah, menjaga suhu bumi, membantu proses fotosintesis tumbuhan, dan masih banyak lagi.

Tumbuhan sangat dibutuhkan oleh manusia dan hewan untuk sumber makanan. Tumbuhan dapat menghasilkan makanan jika berfotosintesis. Hal itu membutuhkan sinar matahari. Oleh karena itu, proses fotosintesis pada tumbuhan sangat penting. Dalam percobaan ini, akan dibandingkan tanaman kacang kedelai yang terpapar sinar matahari dan yang tidak terpapar.

Tujuan

Percobaan ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kualitas tanaman kacang kedelai yang terpapar sinar matahari dan yang tidak terpapar sinar matahari.

Alat dan Bahan

  1. Benih kacang kedelai sebanyak 8 biji
  2. Pot atau gelas plastik bekas yang telah dilubangi bagian bawah atau samping sebanyak 4 buah
  3. Tanah yang subur
  4. Penggaris
  5. Buku dan alat tulis

Cara kerja

  1. Pot atau gelas plastik diisi dengan tanah yang subur.
  2. Masing-masing pot ditanami 2 biji kacang kedelai.
  3. Setiap pot dilabeli dengan huruf A, B, Y, dan Z.
  4. Pot A dan B diletakkan di tempat yang terpapar sinar matahari sedangkan pot Y dan Z diletakkan di tempat yang tidak terpapat sinar matahari atau gelap
  5. Tanaman kacang kedelai diamati setiap hari dengan melihat wujud tanaman yang tumbuh dan mengukur ketinggian tumbuhan.
  6. Setiap hasil pengamatan dicatat di buku laporan.

Hasil

Biji kacang kedelai dalam pot tumbuh dalam jangka waktu 3 – 4 hari. Tanaman kacang kedelai di pot A dan B yang diletakkan di tempat yang terpapar sinar matahari mengalami pertumbuhan yang baik dengan tinggi yang selalu naik, mulai 2 cm, 5 cm, 8 cm, 11 cm, dan 15 cm. tanaman kacang kedelai di pot A dan B memiliki kualitas batang dan daun yang segar dan berwarna hijau. Namun, tanaman di pot Y dan Z yang diletakkan di tempat yang tidak terpapar sinar matahari pertumbuhannya terganggu. Tanaman itu dapat tumbuh, mulai 2 cm, 5 cm, 7 cm, dan 10 cm. Akan tetapi, beberapa tanaman layu, kemudian mati. Kualitas batang dan daunnya tidak bagus, layu, berwarna kuning bahkan coklat.

Pembahasan

Berdasarkan percobaan yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa sinar matari memiliki peran penting dalam kehidupan dan pertumbuhan tanaman kacang kedelai. Tanaman kacang kedelai yang terpapar sinar matahari dapat melakukan fotosintesis dengan baik sehingga tanaman dapat tumbuh dengan baik dan memiliki kualitas yang baik. Sedangkan tanaman kacang kedelai yang tidak terpapar sinar matahari tidak dapat melakukan fotosintesis dengan sempurna. Oleh karena itu, tanaman kacang kedelai tidak dapat tumbuh dengan baik dan kualitasnya jelek bahkan mati.

Simpulan

Paparan sinar matahari memiliki pengaruh yang besar terhadap pertumbuhan tanaman kacang kedelai.

Setelah membaca teks tersebut, jawablah pertanyaan berikut!

  1. Informasi apa yang kamu dapatkan berdasarkan teks tersebut?
  2. Apa manfaat yang dapat kamu ambil dari teks tersebut?
  3. Jika diamati, bagaimana ciri-ciri atau karakteristik teks tersebut?

Teks tersebut berisi informasi tentang laporan berdasarkan percobaan yang telah dilakukan. Dari tersebut, dapat diketahui bahwa sinar matahari memiliki pengaruh yang besar terhadap kehidupan makhluk, khususnya tanaman kacang kedelai karena berguna untuk proses fotosintesis. Teks yang menunjukkan pengaruh sinar matahari terhadap tanaman kacang kedelai tersebut merupakan contoh teks laporan percobaan atau rekaman percobaan. Teks laporan percobaan memaparkan hasil percobaan dalam melakukan suatu.

Teks laporan percobaan merupakan salah satu jenis teks faktual. Teks bergenre faktual menghadirkan informasi atau gagasan dan bertujuan untuk menggambarkan, menceritakan, atau meyakinkan pembaca/penyimak (Priyatni, 2014). Oleh karena itu, teks laporan percobaan berisi kejadian yang benar-benar terjadi dan sudah dilakukan. Isinya merupakan fakta, bukan khayalan. Selain itu, teks laporan percobaan memiliki fungsi informatif.

Struktur teks laporan percobaan

Pada dasarnya, setiap teks memiliki struktur yang sama, yakni pembuka, isi, dan penutup. Namun, dalam konsep teks di Kurikulum 2013, pembuka, isi, dan penutup pada masing-masing teks memiliki nama. Teks laporan percobaan pun demikian. Tujuan sosial teks laporan percobaan adalah mengarahkan atau mengajarkan tentang langkah-langkah yang telah ditentukan. Dengan demikian, teks ini menekankan aspek bagaimana melakukan sesuatu yang berupa percobaan. Oleh karena itu, teks laporan percobaan memiliki struktur berpikir: judul, tujuan, daftar bahan, urutan tahapan pelaksanaan, pengamatan, dan simpulan (Mahsun, 2018).

Berdasarkan contoh dan karakteristik teks laporan percobaan yang telah disebutkan, berikut adalah struktur teks laporan percobaan.

Loading...
  1. Judul. Judul teks laporan percobaan harus jelas dan menggambarkan isi yang diceritakan.
  2. Tujuan. Tujuan teks laporan pekerjaan berisi tujuan atau hal yang ingin dicapai setelah melakukan percobaan. Judul harus jelas dan sesuai dengan judul dan latar belakang.
  3. Alat dan bahan. Alat dan bahan dalam teks laporan percobaan berisi segala macam bahan dan alat penunjang yang digunakan untuk berlangsungnya percobaan.
  4. Cara kerja/ langkah-langkah/ prosedur. Cara kerja dalam teks laporan percobaan berisi tahapan yang dilakukan dalam melakukan percobaan. Cara kerja disusun secara sistematis dan runtut. Selain itu, dalam teks laporan percobaan, cara kerja cenderung ditulis dalam bentuk pernyataan berupa kalimat pasit, bukan kalimat imperatif layaknya teks prosedur.
  5. Hasil. Hasil dalam teks laporan percobaan berisi hal yang dihasilkan setelah dilakukan percobaan. Hasil ini dapat berupa data-data atau keterangan.
  6. Pembahasan. Pembahasan dalam teks laporan percobaan berisi ulasan dari hasil percobaan yang telah dilakukan. Dalam pembahasan, biasanya dijelaskan pembahasan yang menghubungkan latar belakang, tujuan, tahapan, dan hasil. Sering kali dalam pembahasan juga digunakan teori tertentu untuk data penguat.
  7. Simpulan. Simpulan berisi hal ini atau pokok informasi penting yang telah dihasilkan setelah melakukan percobaan yang panjang.

Ciri kebahasaan dalam teks laporan percobaan

Berdasarkan karakteristik dan struktur teks laporan percobaan, berikut merupakan ciri kebahasaan yang sering digunakan.

Loading...
  1. Menggunakan konjungsi (kata hubung) kronologis, seperti lalu, kemudian, dan setelah itu. Konjungsi ini digunakan untuk menunjukkan proses dalam tahapan cara kerja.
  2. Menggunakan kalimat pasif. Kalimat pasif digunakan untuk menjelaskan tahapan langkah kerja.
  3. Menggunakan kata rujukan, seperti ini, itu, tersebut.
  4. Menggunakan istilah (kata teknis), yaitu kosakata khusus yang ada dalam bidang-bidang tertentu. Istilah yang digunakan bergantung pada topik yang dibahas.

Contoh Soal Latihan

  1. Perhatikan kutipan berikut!

Melalui percobaan ini, akan diketahui hasil produk membuat klepon isi keju dan coklat sehingga tidak mainstream bahwa isi klepon selalu gula kelapa.

Berdasarkan struktur teks laporan percobaan, kutipan tersebut merupakan bagian…

2. Topik: Membuat Lilin Kulit Lemon.

Buatlah langkah atau tahapan kerja berdasarkan topik tersebut!

3. Perhatikan kalimat berikut!

Petugas meletakkan kerajinan yang sudah jadi di tempat yang terik agar lemnya cepat kering.

Ubahlah kalimat aktif tersebut menjadi kalimat pasif!

Kunci Jawaban

  1. Tujuan

2. Tahapan kerja membuat lilin kulit lemon

a. Lemon dibelah secara vertikal, kemudian dikeruk isinya, dan disisakan kulitnya.

b. Lilin dilelehkan di panci.

c. Lilin yang telah leleh dituangkan ke dalam kulit lemon, lalu sumbu kompor ditancapkan di tengahnya.

d. Lilin didiamkan sampai padat dan siap digunakan.

3. Kerajinan tangan yang sudah jadi diletakkan di tempat yang terik oleh petugas agar lemnya cepat kering.

Daftar Pustaka

  • Mahsun. 2018. Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks. Depok: PT Rajagrafindo Persada.
  • Priyatni, Endah Tri. 2014. Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Baca juga :

Loading...
Loading...